Senin, 05 November 2018

Pertemuan 4 - Memahami Perabot Kantor



   A.      Pengertian perabot kantor
Perabot Kantor
Perabot kantor adalah semua peralatan atau sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan administrasi, biasanya perabot kantor ini terbuat dari kayu, kayu olahan, logam aluminium, plastik khusus dan lain lain. Perabot kantor ini biasanya tahan dalam waktu yang lama dan bisa digunakan berulang - ulang.

  B.      Perabot kantor Dan Fungsinya

1.       Meja Kantor

Meja kantor pada umumnya harus memiliki beberapa syarat supaya penggunanya nyaman menggunakan meja tersebut, sehat dan aman. Nyaman maksudnya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek serta tidak terlalu lebar supaya memudahakan mengambil dari tempat duduk. Sehat dalam artian meja tidak memiliki permukaan yang menyilaukan sehingga jika permukaan meja menyilaikan akan membuat mata rusak. Dan aman dalam artian permukaan meja tidak kasar karena jika permukaan meja kasar bisa membuat tangan tergores.Meja kantor biasanya terbagi menjadi beberapa, yaitu
1)      Meja Staf
Meja staf ini digunakan oleh  staft meja ada yang ksusus untuk sedniri ada juga yang terangkai beberapa meja.
Meja staf sendiri

Meja staf bersama

2)      Meja resepsionis
Meja resepsionis ini khusus digunakan untuk resepsionis dalam menerima tamu yang datang. Biasanya letaknya berada paling depan sebuah kantor. Meja resepsionis ini biasanya tidak hanya berpunsi sebagai meja tapi berpungsi juga sebagai daya tarik dan kewibaan sebuah kantor.
Meja resepsionis

3)      Meja rapat
Meja rapat adalah meja yang digunakan untuk keperlua rapat.Biasanya ukuran meja lebih besar dari meja staf karena aktfitas rapat biasanya dilakukan bersama.
Meja rapat

4)      Meja direksi
Meja direksi digunakan oleh orang tertentu biasanya ukurannya lebih besar dari meja staf.Biasanya disetting supaya mudah gunakan untuk duduk bersama dengan 1 atau dua orang berhadapan.
Meja direksi


2.       Kursi Kantor

             Kursi kantor terbagi dalam beberapa bagian, diantaranya adalah sebagai berikut :
1)      Kursi Pimpinan
Umumnya ukuran kursi lebih besar, dan lebih empuk.Mungkin tujuannya supaya pimpinan merasa nyaman duduk karena harus duduk lama untuk mengecek semua laporan yang masuk.Namun sesuai perkembangan zaman kursi - kursi inipun biasa digunakan oleh karyawan staf tertentu.
Kursi pimpinan

2)      Kursi staf
Kursi staf adalah kursi yang biasa digunakan oleh stap. Pada umumnya kursi yang digunakan lebih kecil dari kursi pimpinan tapi biasanya sama nyamannya.
Kursi staf

3)      Kursi Meeting
Umumnya kursi meting ini adalah kursi yang digunakan untuk keperluan meeting, ukurannya biasanya lebih kecil namun bisa juga menggunakan kursi staf.
Kursi Meeting

3.        Lemari Kantor

Paling tidak ada tiga lemari kantor yang biasanya di gunakan, yaitu :
1)      Lemari arsip
Biasanya lemari ini ukurannya besar dan digunakan untuk menyimpan dokumen bisa jadi dokumen tersebut adalah dokumen panduan, dokumen yang sedang di proses ataupun dokumen yang sudah selesai.
Lemari arsip

2)      Lemari rak
Lemari ini biasanya digunakan untuk dokumen yang sedang proses pengerjaan. tujuannya supaya mudah mengambilnya.
Lemari rak

3)      Lemari brangkas
Lemari brangkas ini biasanya digunakan untuk menyimpan dokumen rahasi atau mungkin uang penyimpanan sementara di kantor.Biasanya lemari ini memiliki kunci khusus.
Lemari brankas

4.       Filing Cabinet

Filing Cabinet ini pungsinya untuk menyimpan map yang masih dalap proses pengerjaan. Biasanya tersusun dari laci - laci yang berukuran 25 x 35.Tujuannya supaya bisa masuk map - map dokumen pekerjaan.
Filling cabinet

5.        Laci laci kartu

banyak kartu nama yang diberikan oleh orang - orang yang bekerjasama dengan perusahaan. Nah untuk menyimpannya biasanya di gunakan laci - laci kecil untuk kartu.Memang sudah tidak begitu populer namun masih biasa digunakan.
Laci-laci kartu

6.       Seperangkan Komputer

Kompuer dewasa ini mejadi perabot kantor karena sudah wajib ada dan selalu digunakan di perkantoran.Pungisnya tidak lain adalah untuk mengolah data. Komputer juga biasanya dilengkapi dengan printer untuk menghasilkan ouput data.Biasanya data aoutput diperlukan untuk keperluan laporan dan tanda tangan dokumen.
Seperangkat komputer

7.       Peralatan Internet

Dewasa ini ternyata internet sudah menjadi bagian dari perabot kantor, kenapa demikian karena tidak ada kantor yang tidak ada internetnya. Bahkan sebagian kantor administrasi tidak bisa berfungsi dengan normal jika internetnya mati.
Peralatan internet


Referensi
https://infoisirumah.maolioka.com/2018/07/perabot-kantor-dan-fungsinya.html?m=1
https://www.youtube.com/results?search_query=perabot+kantor



Jawablah pertanyaan dibawah dengan benar !

Difficult question

1. Jelaskan bagaimana cara merawat perabot kantor agar tetap awet dan tidak mudah rusak ? (20)
2. Buatlah paper tentang gambar-gambar  perabot kantor beserta fungsinya ? (20)
3. Diskusikan dengan teman sebangkumu, tentang pentingnya memiliki perabot kantor dalam    perusahaan ? (20)

Medium question

1.Berikan penjelasan mengensi jenis-jenis meja kantor yang sering digunakan ? (10)
2.Bagaimana cara memilih kursi kantor yang baik ? (10)
3 Apa perbedaan kursi staff dan kursi meeting,coba jelaskan menurut pendapat anda ? (10)

Easy question

1.Yang bukan merupakan perabot kantor adalah… (5)
   a. Filling cabinet
   b. Meja kantor
   c. Kertas
   d  Kursi kantor
   e. Perforator

3. 
Gambar disamping adalah salah satu perabot kantor yang sering disebut dengan…. (5)
  a. Lemari brangkas   b. Meja Kantor     c.  Kursi Direksi  d. Jendela   e. Pintu








*Jawaban dikerjakan pada lembar folio
*Jawaban dikumpulkan di PJ mata kuliah
*PJ mata kuliah mengumpulkan jawaban di loker dosen


1 komentar:

  1. Ayo Daftar Sekarang, Nikmati Freechip Berlimpah Setiap Hari... Join Disini Banyak Jenis Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah. .

    BalasHapus

RPS mata kuliah Teknologi Perkantoran

RPS MATAKULIAH PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN Mata Kuliah : Teknologi Perkantoran Dosen           : Novi Trisna...