Perlengkapan
kantor adalah barang-barang yang digunakan untuk menghasilkan suatu pekerjaan
kantor sesuai dengan yang diharapkan.
Tujuan kantor tidak akan tercapai tanpa adanya perlengkapan kantor. Perlengkapan kantor yang baik, akan
memperlancar suatu proses suatu pekerjaan sehingga pencapaian tujuan dapat dicapai secara efektif dan efisien. Perencanaan kantor yang baik, memerlukan
pertimbangan dalam memilih jenis-jenis perlengkapan kantor (office equipment)
yang meliputi perbekalan kantor, mesin-mesin kantor, peralatan kantor, perabot
kantor, interior kantor, atau hiasan kantor, berdasarkan urutan pekerjaan dan
kecakapan yang diperlukan. Oleh karena
itu, pengetahuan kantor sangat penting sebagai dasar menyusun perencanaan
kantor. Dari uraian diatas, dapat
disimpulkan bahwa kegunaan perlengkapan kantor yaitu:
1. Untuk menunjang aktivitas pekerjaan
kantor;
2. Mempermudah dan mempercepat proses
pelaksanaan kegiatan kantor;
3. Memperoleh hasil yang lebih maksimal,
baik, dan memuaskan;
4. Sebagai asset dan pelengkap kantor.
B.
JENIS-JENIS
PERLENGKAPAN KANTOR
Perlengkapan
kantor mencakup semua barang yang diperlukan, baik barang bergerak maupun
barang tidak bergerak, sebagai sarana pendukung pelaksanaan tugas.
1.
Barang
bergerak dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
a.
Barang
habis pakai adalah barang-barang yang hanya dapat digunakan satu kali
pakai. Hal ini mengandung arti bahwa
benda itu tidak selalu harus habis tanpa meninggalkan bekas dalam
pemakaiannya. Misalnya: kertas, karet
penghapus, pensil, karbon, map (stopmap), tinta, blangko surat, dan sebagianya.
b. Barang tidak habis pakai adalah barang-barang
yang dapat digunakan berulang kali dan tahan lama dalam pemakaiannya. Misalnya: mesin tik, pelubang kertas,
gunting, hecter, pesawat telepon, lemari, arsip, OHP (over head projector), dan
sebagainya.
2.
Barang
tidak bergerak, misalnya tanah, gedung, dan bangunan.
Berikut ini akan di jelaskan Jenis-jenis Perlengkapan Kantor yang
sering digunakan pada suatu instansi.
1. Perbekalan
kantor (office suplies)
yaitu benda-benda yang akan habis pemakainnya sehari-hari di kantor.
Benda ini biasanya digunakan untuk kegiatan tulis menulis dan biasanya tidak
tahan lama.Pengertian habis bukan berarti tidak ada bekasnya numun bisa masih
ada tapi tidak dapat digunakan kembali.
contoh perbekalan kantor
a) Macam-macam
kertas (HVS, Stensil, karton, dorslagh, karbon dll)
b) Tinta, lem,
karet penghapus, pita mesin tik.
c) Paper clip,
jepitan kawat, staples.
C.
ISTILAH-ISTILAH
PERLENGKAPAN KANTOR
Ada beberapa
istilah yang berkenaan dengan perlengkapan kantor, yaitu sebagai berikut.
1.
Bekal
kantor (office supplies) adalah benda-benda yang akan habis dalam pemakaiannya
sehari-hari di kantor. Benda-benda
tersebut pada umumnya digunakan untuk keperluan tulis-menulis, yang dalam
pelaksanaan kerja sehari-hari banyak dipakai dan biasanya tidak tahan
lama. Misalnya: kertas, karbon, pita,
mesin tik, dan sebagainya.
2.
Mesin-mesin
kantor (office machine) adalah segenap alat yang digunakan untuk menghimpun,
mencatat, dan mengolah bahan-bahan keterangan dalam pekerjaan tata usaha yang
bekerja secara mekanik, elektronik, dan magnetik.
3.
Peralatan
kantor (office appliances) adalah segenap alat yang dipergunakan dalam
pekerjaan tata usaha. Misalnya :
peralatan kantor terdiri atas mesin-mesin kantor dan alat-alat bukan mesin atau
alat tulis kantor (ATK).
4.
Perabot
kantor (office furniture) adalah benda-benda kantor yang pada umumnya terbuat
dari kayu yang dipergunakan untuk melaksanakan tugas tata usaha. Misalnya: meja, kursi, lemari, dan
sebagainya.
5.
Perabot
kantor tempelan (office fixture) adalah perabot kantor yang telah melekat
(menjadi satu) dengan bangunan lain dalam kantor. Misalnya : lemari yang telah jadi satu dengan
gedung, rak-rak yang menempel di dinding.
6.
Hiasan
kantor (office ornament) adalah benda-benda di kantor yang pada umumnya untuk
menambah suasana yang menyenangkan di kantor.
Misalnya : gambar-gambar atau foto-foto, dekorasi, pot-pot, dan vas
bunga.
7.
Pesawat
kantor adalah semua mesin komunikasi yang berfungsi sebagai alat untuk
mengadakan komunikasi. Misalnya:
interkom, telepon, faksimile, handphone, dan sebagainya.
8.
Alat bantu
peraga adalah alat yang dipergunakan untuk membantu kelancaran komunikasi
antara penyaji dengan pendengar.
Misalnya:tape recorder, video tape recorder, televise, dan sebagainya.
Untuk lebih
jelas, berikut beberapa uraian tentang berbagai istilah perlengkapan kantor.
Perbekalan tata usaha
a.
Pengertian
perbekalan tata usaha
Perbekalan tata
usaha adalah semua perbekalan ataupun peralatan yang berupa barang-barang
kantor yang diperlukan untuk menunjang lancarnya pekerjaan kantor dalam usaha
pencapaian tujuan organisasi.
b.
Jenis-jenis
perbekalan tata usaha
Menurut The
Liang Gie, dalam bukunya Administrasi Perkantoran Modern, bahwa segenap
perbekalan tata usaha itu dikelompokkan ke dalam jenis-jenis barang sebagai
berikut.
1) Barang lembaran, misalnya kertas,
karton, dan berkas.
2) Barang bentuk lainnya, misalnya lem,
karet penghapus, dan tinta.
3) Alat tulis kantor (ATK), misalnya
pensil, pulpen, dan cap nomor.
4) Alat keperluan lainnya, missal alat
pencabut jepitan kawat, mistar.
5) Mesin kantor, misalnya mesin tik, mesin
hitung, dan mesin stensil.
6) Perabot kantor, misalnya meja, lemari,
dan peti besi.
7) Perlengkapan lainnya, misalnya lampu
permadani, kipas angin, dan AC.
Jadi, dengan menatausahakan
berbagai barang perbekalan tersebut, terciptalah benda-benda hasil kerja yang
dapat berbentuk warkat, formulir, laporan, surat, arsip, dokumen, buku, dan
benda keterangan lainnya.
Referensi
https://www.youtube.com/watch?v=ZQPt1QkVPoc&t=147s
------------------------------------------------------------------------------------
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
Difficult question
- Diskusikan dengan teman sebangku anda, apa pentingnya perlengkapan kantor bagi aktivitas perusahaan ? (20)
- Buatlah paper gambar perlengkapan kantor beserta uraian tentang kegunaan perlengkapan kantor tersebut? (20)
- Apakah bekal kantor dengan barang habis pakai berhubungan,kalau iya coba diskusikan dengan teman sebangkumu? (20)
Medium question
- Apa saja hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih perlengkapan kantor yang baik ? (10)
- Apa saja manfaat dari adanya perlengkapan kantor ? (10)
- Jelaskan beserta contoh jenis-jenis perlengkapan kantor? (10)
Easy question
- Salah satu jenis perlengkapan kantor yang merupakan barang habis pakai…. (5)
a.
Meja
kantor
b.
Kursi
kantor
c.
Tinta
d.
Filling
cabinet
e.
Gunting
2 2. Benda-benda
yang akan habis dalam pemakaiannya sehari-hari di kantor dan biasanya tidak tahan lama. Adalah definisi dari... (5)
a.
Mesin
kantor
b.
Perabot
kantor
c.
Bekal
kantor
d.
Hiasan
kantor
e.
Pesawat
kantor
*Jawaban ditulis di lembar folio
*Jawaban dikumpulkan di PJ
*PJ mengumpulkan di loker dosen
Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
BalasHapusSistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif : arena-domino.net
100% Memuaskan ^-^